Minggu, 08 Maret 2020

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bekasi

Pengrajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bekasi . Perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali berada diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa keluarga Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan logam untuk dijual ke beragam pasar. Skill mengolah logam diwarisi secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, panci, baskom, serta lain-lain walaupun demikian sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, serta lainnya.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah orderan, baik orderan lokal maupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan berdatangan dari beragam wilayah di Indonesia serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya yakni adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi website maka mau menolong para produsen kerajinan logam untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah serta banyak negara. Teknologi website sangat menolong para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke ternate. Tak hanya tsb saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan kuningan ke bandung.



Contoh Seni Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dg seleranya. Mereka dpt memiliki desain pribadi lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan kuningan sangat beragam walaupun demikian AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini yakni lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya jg murah karena bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya juga murah), jika orderan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lainnya, pengusaha Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dapat mendapatkan harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga selalu berharap kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan masyarakat. Saat ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan dekorasi hotel tetapi telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang ukiran kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk hanya satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari banjarbaru. Dengan modal pengalaman puluhan tahun membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham cara untuk memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas serta cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar