Minggu, 08 Maret 2020

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Natuna

Bisnis Kerajinan Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Natuna . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Kampung Tumang tsb dikenal sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam pasar. Skill menempa tembaga didapati secara turun-temurun dari nenek moyangnya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, baskom, & lain-lain akan tetapi saat ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan dekorasi masjid, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh cepat. Banyak pesanan datang dari beragam daerah di Negeri Kita & manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka mau memudahkan para produsen kerajinan tembaga untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan tembaga. Salah satu produsen kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang. Nggak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke kutai kartanegara.



Contoh Kerajinan Logam Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, air mancur, & lain-lain. Konsumen juga dapat mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya rancangan pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan sangat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery mau berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harga juga semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, pengusaha Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat meraih harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam wajib inovatif & wajib menyesuaikan permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tidak cuma meraih pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris hotel namun telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai desain kubah dapat menyesuaikan keinginan customer.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak cuma satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari pematang siantar. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna memproduksi kerajinan logam yang berkelas & sesuai yang diharapkan oleh semua customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar