Kamis, 12 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Batu Bara

Pengusaha Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Batu Bara . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut disebut sebagai pusat produsen seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke bermacam pasar. Skill mengukir logam didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn hanya membuat alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, serta lainnya akan tetapi sekarang telah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan eksterior cafe, rumah, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dgn naiknya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari bermacam daerah di Negeri Kita serta manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, contohnya adalah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan logam buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah serta manca negara. Teknologi internet sangat memudahkan para pengrajin kerajinan logam. Salah satu pengrajin kerajinan logam yang terbantu adalah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan kuningan ke tarakan. Tidak hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke samarinda.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Konsumen jg dapat memesan kerajinan logam kuningan sesuai dgn keinginannya. Mereka dpt punya desain pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan sangat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini adalah lebih dari satu variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi disebabkan bahan yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para perajin kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Jikalau harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dapat mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak hanya mendapatkan permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan rumah namun telah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak hanya satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari palangkaraya. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat kerajinan kuningan yang ber-quality serta cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar