Jumat, 13 Maret 2020

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Jakarta Timur

Industri Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kota Jakarta Timur . Kampung Tumang, Boyolali-Jateng posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Kampung tersebut diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd khalayak Tumang, Boyolali-Jateng. Beberapa family Boyolali memilih kerja di rumah kerajinan tembaga buat dipasarkan ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali kerja kerajinannya dg hanya membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan sebagainya walaupun demikian saat ini sudah berganti ke kerajinan logam buat keperluan ornamen masjid, rumah, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai bergairah dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya yaitu adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah dan berbagai negara. Teknologi website sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu yaitu AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan kuningan ke kotawaringin barat. Tidak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke jambi.



Contoh Kerajinan Kuningan yaitu lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lain-lain. Pembeli juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya rancangan pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam walaupun demikian AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Diantaranya sbb ini yaitu beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi disebabkan bahan yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentu harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lainnya, produsen Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer dpt mendapat harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus kreatif dan harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang AA Gallery tak hanya mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan interior rumah namun sudah merambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai hiasan kubah dpt mengikuti kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak hanya satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari jakarta utara. Dengan modal pengalaman puluhan th membuat kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti cara guna membuat kerajinan kuningan yang berkelas dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang urgen customer puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar