Jumat, 13 Maret 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Palopo

Ahli Kerajinan Logam Melayani Prospek Kota Palopo . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai pusat ahli seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Boyolali-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan logam untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, and lainnya tapi masa ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior hotel, rumah, and lainnya.





Kerajinan ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal dan juga luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam wilayah di Negara Tercinta and manca negara. Permintaan kerajinan kuningan mengalami kenaikan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, contohnya adalah hadirnya teknologi internet. Dgn hadirnya teknologi website maka mau membantu para ahli kerajinan logam untuk mengenalkan produknya ke seluruh wilayah and banyak negara. Teknologi website cukup membantu para ahli kerajinan logam. Salah satu ahli kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke manado. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke solok.



Contoh Kerajinan Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, and lain-lain. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan kuningan cukup beraneka ragam tapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan kuningan disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya juga murah sebab bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah mudah, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentu saja secara otomatis dikenai biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jikalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, industri Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab itu, perajin kerajinan tembaga terus-menerus berharap stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam harus inovatif and harus menyesuaikan selera pasar. Sekarang ini AA Gallery tidak sekadar mendapat pesanan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang menarik adalah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd pusat aktivitas and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari sorong. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah paham metode untuk memproduksi seni logam yang berkualiti and sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar