Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman

Perajin Kerajinan Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sleman . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah posisinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tersebut dikenal sebagai pusat pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara di sana memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Skill mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari orang tuanya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dg hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan sebagainya tapi saat ini telah bertolak ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi cafe, kantor, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dg meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh pesat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan meningkat sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan membantu para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan produknya ke seluruh wilayah dan manca negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tegal. Nggak hanya tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke sorong.



Contoh Kerajinan Tembaga adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga dpt mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tsb. Harga kerajinan begitu beragam tapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak variabel. Antara lain ini adalah beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin mudah, harga juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya semakin murah), jika pesanan dari wilayah lainnya sudah sewajarnya auto dikenai biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga akan naik. Problem lain-lain, pengusaha Tumang masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama customer dpt meraih harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tidak hanya meraih pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel tetapi telah bertambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga bernilai besar. Tentang ukiran kubah dpt mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery meraih kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari bengkulu. Bermodal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin tahu teknik guna menghasilkan kerajinan logam yang ber-quality dan cocok yang diinginkan oleh seluruh customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yang penting customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar