Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Lanny Jaya

Pengusaha Seni Logam Melayani Pasar Kabupaten Lanny Jaya . Desa Tumang, Boyolali-Jateng berada diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tsb diketahui sebagai pusat bisnis seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pd orang Tumang, Boyolali-Jateng. Lebih dari satu keluarga Cepogo-Boyolali mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah logam dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang menceritakan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga diantaranya dandang, wajan, teko, juga lain-lain namun kini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan dekorasi masjid, gedung, juga lain-lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jateng, kini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal atau internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh pesat. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Negara Kita juga manca negara. Orderan kerajinan tembaga meningkat sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, diantaranya ialah adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah juga banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan kuningan ke sorong. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta selatan.



Contoh Seni Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, juga lainnya. Pembeli jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dg kemauannya. Mereka bisa mempunyai design pribadi AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beragam namun AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah banyak faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari wilayah lainnya semestinya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan jg mahal. Problem lain-lain, pengusaha Cepogo masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa menerima harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil shngg tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan diwajibkan inovatif juga diwajibkan memantau selera pasar. Sekarang AA Gallery tak sekadar menerima orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu saja tapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan juga ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan kuningan dari palangkaraya. Dengan modal pengalaman puluhan thn berkarya kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan kerajinan logam yang bermutu juga sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar