Minggu, 08 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maluku Tenggara

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Maluku Tenggara . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg terkenal itu. Kampung Tumang tersebut dikenal sbg pusat pengusaha kerajinan kuningan. Estetika ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Jateng mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dijual ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yg menyampaikan bahwa orang Tumang memulai usaha kerajinannya dengan sekedar membuat alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, teko, & lainnya tetapi kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior masjid, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang ini, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir kuningan tetap berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di NKRI & manca negara. Permintaan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini karena oleh banyak faktor, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi website maka akan menolong para ahli kerajinan tembaga untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi website begitu menolong para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke prabumulih. Tak sekedar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke medan.



Contoh Seni Logam ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga dapat mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yg membuatnya.


Mgkn sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan kuningan begitu beragam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yg pas. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah beberapa faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentu saja semakin murah), jika pesanan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja otomatis dikenai ongkir.

Permasalahan para perajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam kuningan jg naik. Permasalahan lain-lain, perajin Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dapat mendapatkan harga yg sudah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu ingin kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diwajibkan kreatif & diwajibkan memantau permintaan pasar. Sekarang AA Gallery tidak sekedar mendapatkan pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan interior kantor tetapi sudah merambah pd proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekedar satu sahaja akan tetapi cukup banyak.

Islamic Center itu sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan pesanan kerajinan kuningan dari serang. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode untuk membuat kerajinan tembaga yg berkualitas & sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar