Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Kubu Raya

Perajin Seni Ukir Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Kubu Raya . Desa Tumang, Cepogo berada di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg terkenal . Desa Tumang tsb diketahui sbg sentra pengusaha kerajinan tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada publik Tumang, Cepogo. Lebih dari satu family Cepogo-Jawa Tengah mendirikan bisnis di rumah kerajinan logam buat ditawarkan ke bermacam konsumen. Ketrampilan mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yg bercerita bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dg cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, teko, dan sebagainya akan tetapi sekarang ini telah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan interior hotel, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo, sekarang, mulai bergairah dg naiknya orderan, baik orderan nasional ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari bermacam wilayah di Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka ingin menolong para industri kerajinan logam buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website amat menolong para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yg terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan tembaga ke baubau. Tidak cuma tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pontianak.



Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, dan lainnya. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt memiliki rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg membuatnya.


Mungkin tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tsb. Harga kerajinan logam tembaga amat bermacam-macam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini adalah banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dipakai bertambah banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya jg murah disebabkan bahan yg dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah ongkir.

Kendala para produsen kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yg tdk stabil dpt mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lainnya, produsen Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka produsen tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan tsb, ahli kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai ahli kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif dan diharuskan memantau keinginan pasar. Masa ini AA Gallery tdk cuma mendapat orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor namun telah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai hiasan kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yg membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tdk cuma satu saja tapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari sorong. Bermodal pengalaman puluhan tahun menghasilkan kerajinan logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik guna memproduksi kerajinan logam yg berkelas dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar