Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kota Gorontalo

Perajin Seni Ukir Logam Tembaga Melayani Konsumen Kota Gorontalo . Kampung Tumang, Boyolali lokasinya diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung Tumang tsb disebut sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jateng mendirikan bisnis rumahan kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, dan lainnya namun kini telah berubah haluan ke kerajinan logam buat kebutuhan ornamen cafe, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Boyolali, kini, mulai menggeliat dgn naiknya jumlah permintaan, baik permintaan daerah dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak permintaan datang dari berbagai wilayah di Republik Indonesia dan manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi website maka mau menolong para industri kerajinan kuningan buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website sangat menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan kuningan ke tebing tinggi. Tak sekedar tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke singkawang.



Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Konsumen juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn keinginannya. Mereka bisa memiliki design pribadi lalu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam sangat bervariasi namun AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak parameter. Diantaranya sebagai berikut ini adalah lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lain tentunya auto ditambah ongkir.

Problem para pebisnis kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dpt mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama konsumen dpt memperoleh harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tsb, ahli kerajinan tembaga selalu berdoa kondisi ekonomi selalu stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan harus kreatif dan harus memantau keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekedar memperoleh permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel tetapi telah bertambah pada pengerjaan kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Mengenai design kubah dpt menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center tsb telah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tsb maka kemudian menjadi pusat kegiatan dan ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari mataram. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan kerajinan logam yang berkualitas dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar