Jumat, 13 Maret 2020

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Rote Ndao

Pengusaha Seni Ukir Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Rote Ndao . Kampung Tumang, Boyolali posisinya diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tersebut dikenal sebagai pusat produsen seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih kerja rumahan kerajinan kuningan buat ditawarkan ke bermacam pasar. Skill menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Banyak yang bercerita bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, & sebagainya tetapi sekarang ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan interior hotel, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menarik dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan lokal atau luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari bermacam wilayah di Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini sebab oleh banyak faktor, diantaranya ialah hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi website maka akan membantu para pengrajin kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan kuningannya ke semua wilayah & manca negara. Teknologi website begitu membantu para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke payakumbuh. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke parepare.



Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan kuningan sesuai dengan seleranya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan kuningan dipengaruhi oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil semestinya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya auto dikenai ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lain-lain, pebisnis Cepogo masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga kontinyu berharap kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga harus inovatif & harus memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery nggak sekadar mendapat permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi kantor tapi sudah merambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan nggak sekadar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd pusat kegiatan & ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari jambi. Bermodal pengalaman puluhan thn membuat kerajinan kuningan, AA Gallery bertambah mengerti cara untuk menghasilkan kerajinan kuningan yang bermutu & cocok yang diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar