Jumat, 13 Maret 2020

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kota Madiun

Perajin Seni Ukir Kuningan Melayani Pasar Kota Madiun . Desa Tumang, Cepogo terletak diapit kaki gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb diketahui sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Boyolali-Jawa Tengah membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Skill mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti dandang, panci, ceret, and lain-lain akan tetapi saat ini telah berganti ke kerajinan kuningan untuk keperluan dekorasi restoran, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di desa Tumang, Cepogo, kini, mulai menggeliat dengan meningkatnya pesanan, baik pesanan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang pesat. Banyak pesanan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI and manca negara. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin cukup signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya merupakan hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka akan memudahkan para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah and berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bali. Nggak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto.



Contoh Seni Tembaga merupakan kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pembeli juga bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt memiliki design sendiri selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga begitu bermacam-macam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak faktor. Contohnya berikut ini ini merupakan lebih dari satu faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dipakai bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin mungil sudah sewajarnya harganya jg murah dikarenakan bahan yang dipakai jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya juga semakin murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), jika pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya secara otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para produsen kerajinan tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain, produsen Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama customer bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diwajibkan kreatif and diwajibkan memantau keinginan pasar. Saat ini AA Gallery tidak sekedar meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik merupakan AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas and ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan tembaga dari magelang. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun tahun membuat seni logam, AA Gallery semakin paham cara untuk memproduksi seni logam yang berkualiti and cocok yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen customer terpuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar