Jumat, 13 Maret 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kota Semarang

Produsen Seni Kuningan Melayani Pelanggan Kota Semarang . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berlokasi di antara kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung tsb dikenal sebagai sentra bisnis seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd khalayak Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang membangun kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai pasar. Skill mengolah tembaga dimiliki secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat perkakas rumah tangga contohnya dandang, panci, baskom, & lainnya tapi sekarang sudah berubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan ornamen restoran, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menggeliat dengan naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terkendali. Banyak orderan datang dari berbagai daerah di Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah munculnya teknologi internet. Dgn munculnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengiklankan produk kerajinan tembaga ke balikpapan. Tidak sekedar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bandar lampung.



Contoh Seni Logam ialah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, & lainnya. Pelanggan juga dapat memesan kerajinan sesuai dengan seleranya. Mereka dapat punya rancangan sendiri setelah itu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tersebut. Harga kerajinan sangat bervariasi tapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Antara lain ini ialah lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( bertambah besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), untuk orderan dari daerah lainnya tentu saja mau-tidak mau ditambah ongkir.

Permasalahan para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan akan naik. Permasalahan lain, ahli Cepogo-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama pelanggan dapat menerima harga yang sudah ditetapkan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap berharap stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tidak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib inovatif & wajib memantau permintaan konsumen. Kini AA Gallery tidak sekedar menerima orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan hotel namun sudah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang ukiran kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari mojokerto. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th menghasilkan seni logam, AA Gallery bertambah mengerti cara guna menghasilkan seni logam yang bermutu & sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen pelanggan puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar