Jumat, 13 Maret 2020

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sukoharjo

Pengrajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sukoharjo . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Tumang membangun bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Skill mengukir tembaga didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn cuma memproduksi alat kebutuhan rumah tangga seperti dandang, wajan, ceret, dan lain-lain tapi kini telah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan interior hotel, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, masa ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan selalu tumbuh tak terelakan. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia dan manca negara. Pesanan kerajinan tembaga mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi cyber. Dg hadirnya teknologi internet maka ingin menolong para industri kerajinan tembaga untuk mempromosikan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet amat menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan kuningan ke denpasar. Tidak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.



Contoh Seni Logam Kuningan merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yang meujudkannya.


Mgkn sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga tersebut. Harga kerajinan tembaga amat bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini merupakan beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan baku yang dipakai jg banyak, demikian jg sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah sebab bahan yang dipakai jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian jg sebaliknya semakin mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentu saja juga murah), untuk pesanan dari daerah lain tentu saja secara otomatis dikenai ongkir.

Problem para ahli kerajinan tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga akan naik. Permasalahan lainnya, ahli Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis meskipun minim untung. Oleh sebab tersebut, pengrajin kerajinan tembaga selalu berdoa stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan tembaga diwajibkan inovatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk cuma memperoleh pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan rumah tetapi telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Tentang ukiran kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan merupakan AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk cuma satu saja tetapi banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh pesanan kerajinan kuningan dari medan. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengerti metode guna memproduksi kerajinan kuningan yang memiliki kualitas dan cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen puas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar